Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji (FT UMRAH) kembali menambah perguruan tinggi mitra dalam jajaran daftar pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Langkah besar yang dilaksanakan salah satunya adalah penjajakan Kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi di Jawa Timur, yakni Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), dan Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Kunjungan Perguruan Tinggi area Surabaya dilaksanakan pada 19 Oktober 2021 dan dilanjutkan kunjungan ke Universitas Brawijaya pada Kamis, 21 Oktober 2021. yang dilakukan Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA dan Dekan Fakultas Teknik Bapak Sapta Nugraha, S.T., M.Eng didampingi Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Bapak Eko Prayetno S.T., M.Eng, Ketua Jurusan Teknik Elektro Tonny Suhendra, S.T., M.Cs, Ketua Jurusan Teknik Informatika Bapak Muhamad Radzi Rathomi, S.Kom., M.Cs, Sekretaris Jurusan Teknik Elektro Bapak Hollanda Arief Kusuma S.IK., M.Si, Sekretaris Jurusan Teknik Perkapalan Bapak Anton Hekso Yunianto, S.T., M.Si, dan Kepala Laboratorium Teknik Informatika Tekad Matulatan, S.Kom., M.Inf.Tech.

Kunjungan UMRAH ke UHT Surabaya diterima secara langsung oleh Rektor UHT Surabaya Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR. UMRAH dan UHT menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan secara langsung oleh Rektor kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoA) Fakultas Teknik yang disaksikan oleh Wakil Rektor I UHT, Prof. Dr. Hj. Dian Mulawarmanti, Drg. MS., PBO, Wakil Rektor II UHT Bambang Sucahyo, drg., Sp. Ort, Wakil Rektor III UHT Dr. Sulistiyanto, SE., MM., M.Sc., PSC, Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) UHT Dr. Ir. Nuhman, M.Kes, Wakil Dekan I-III FTIK UHT. Kedua Universitas berkomitmen dalam MoU dalam mengembangkan kerjasamanya di bidang pelaksanaan di bidang perkuliahan Bersama, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Penulisan Jurnal karya Ilmiah.

Penandatanganan MoU oleh Rektor UMRAH (ki) Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA dan Rektor UHT (ka) Rektor UHT Surabaya Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR.
Penandatanganan MoA oleh Dekan Fakultas Teknik UMRAH (ki) Sapta Nugraha, S.T., M.Eng dan Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (ka) UHT Dr. Ir. Nuhman, M.Kes
Penyerahan cinderamata UHT ke UMRAH (ki) dan UMRAH ke UHT (ka)

Penjajakan Kerjasama UMRAH di Surabaya dilanjutkan dengan kunjungan ke ITS dan disambut langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Adi Soeprijanto, M.T. dengan pembahasan terkait implementasi MBKM untuk dapat menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi kedua belah pihak yakni Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Foto bersama jajaran UMRAH & ITS
Penyerahan cinderamata oleh Rektor UMRAH Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA (ka) kepada Wakil Rektor I UHT Prof. Dr. Ir. Adi Soeprijanto, M.T.

Perjalanan UMRAH di Surabaya diakhiri dengan kunjungan ke UKWMS dan disambut langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Prof. Ir. Suryadi Ismadji , MT., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. UMRAH dan UKWMS melangsungkan pembahasan terkait penjajakan kerjasama dan implementasi lebih lanjut MBKM di kedua pihak khususnya dalam mengakomodir kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. UMRAH juga mendapat kesempatan mengunjungi dan mengamati beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Fakultas Teknik UKWMS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here