Mahasiswa Hingga Alumni FT UMRAH Raih Apple WWDC Scholarship 2021

0
473

Fakultas Teknik UMRAH mendapatkan kabar gembira dari mahasiswa dan alumninya. Pasalnya Leo Fablo Silalahi yang merupakan mahasiswa Prodi Teknik Elektro dan Sufiandi Elmy yang merupakan alumni Prodi Teknik Informatika periode maret 2021 meraih beasiswa APPLE World Wide Developers Conference (WWDC) 2021 Swift Student Challenge. Leo dan Elmy terpilih mendapatkan beasiswa dari total 350 peserta dari 35 negara berbeda di seluruh dunia.

Dikutip dari SijoriToday.com, Leo menjelaskan idenya berawal dari keresahannya melihat anak muda batak yang tidak bisa menuturkan bahasa daerahnya. “Idenya itu karena adik saya suka lupa panggilan dalam bahasa batak, jadi biasanya kalau ketemu keluarga pasti nanya panggil apa ya. tante kah, tulang, mak tua, paktua, dan seterusnya. awal keresahannya dari situ tapi pas riset di internet ternyata banyak anak muda jaman sekarang juga yang ga tau penuturan bahasa batak, akhirnya saya membuat kuis sederhana untuk mengingat panggilan-panggilan tersebut di WWDC Swift Student Challange 2021,” jelas Leo.

Berbeda dengan Leo, Elmy yang merupakan alumni Program Studi Teknik Informatika UMRAH merancang sebuah mini game dimana tugas pemain adalah membantu petualang menemukan vaksin COVID-19 untuk dirinya dan orang-orang di kotanya. Mini game tersebut mengantarnya memenangkan WWDC 2021 Swift Student Challenge, lomba yang diprakarsai Apple untuk developer muda menampilkan keterampilan dan mengemukakan aplikasi yang telah dikembangkan dengan Swift, bahasa pemrograman untuk perangkat lunak Apple.

WWDC merupakan konferensi teknologi informasi yang diadakan setiap tahun oleh Perusahaan Apple. Konferensi ini biasanya diadakan di San Jose Convention Center di California, Amerika Serikat. Namun, seperti tahun 2020 akibat pembatasan kemananan pandemi COVID-19, WWDC 2021 akan digelar secara online yang berlangsung pada tanggal 7 sampai 11 Juni 2021. Kegiatan ini biasanya digunakan untuk memamerkan perangkat lunak dan teknologi baru dari Apple seperti, macOS, iOS, iPadOS, watchOS, dan tvOS serta perangkat lunak Apple lainnya. Sebelum konferensi itu di gelar, Apple terlebih dahulu menggelar WWDC 2021 Swift Student Challenge, dimana developer muda diminta untuk menampilkan keterampilan dan mengemukakan aplikasi yang telah dikembangkan. Setiap tahunnya pemenang dari Swift Student Challange ini mendapat beasiswa gratis oleh Apple untuk berangkat mengikuti WWDC.

Deskripsi singkat game yang membawa Elmy terpili mendapatkan beasiswa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here