SOP Perbaikan LIRS

Prosedur
  1. Membayar SPP di Bank, dan mendapatkan slip/bukti pembayaran dari Bank
  2. Menyerahkan Slip SPP asli ke Kasubag Umum dan Keuangan di Loket Pelayan Tata Usaha Fakultas dan melakukan penyerahan slip SPP
  3. Pengaktifan SIPA dilakukan oleh Bendahara Penerimaan Sub  Bagian Keuangan Universitas Maritim Raja Ali Haji setelah 24 jam registrasi
Keterangan Khusus bagi mahasiswa penerima Bea Siswa Bidik Misi dan Hinterland proses aktivasi SIPA dilakukan oleh Bendahara Penerimaan Sub  Bagian Keuangan Universitas Maritim Raja Ali Haji dikoordinir oleh BAKK
Prosedur
  1. Mahasiswa setelah membayar SPP, melakukan akses ke sipa.umrah.ac.id untuk pengisian LIRS secara online
  2. Mengisi LIRS dengan jelas dan lengkap
    • Mata kuliah yang diambil berdasarkan jadwal kuliah semester yang akan dijalankan.
    • Jumlah SKS yang diambil sesuai dengan ketentuan berdasarkan IP semester terakhir
    • Mata kuliah diambil tidak boleh lebih dari satu dalam satu shift perkuliahan
  3. Dosen Penasehat Akademik memeriksa dan menyetujui LIRS secara online
  4. Setelah di setujui Dosen Penasehat Akademik, LIRS akan dicetak oleh staf administrasi jurusan
  5. Staf administrasi jurusan meminta tanda tangan kepada Penasehat Akademik dan Ketua Jurusan
  6. LIRS yang sudah ditanda tangani Penasehat Akademik dan Ketua Jurusan di serahkan kepada :
    • Administrasi jurusan
    • Mahasiswa yang bersangkutan (untuk diperlihatkan bila diperlukan nantinya).
Keterangan
  1. Syarat untuk mengisi LIRS secara online, mahasiswa harus membayar SPP.
  2. LIRS baru bisa di isi setelah 24 jam proses pembayaran SPP
Prosedur
  1. Mahasiswa menjumpai atau menginformasikan kepada Dosen Penasehat Akademik untuk melakukan perbaikkan Mata Kuliah atau mengganti  dosen pengajar yang akan diperbaiki di LIRS
  2. Setelah dipertimbangan Dosen Penasehat Akademik, selanjutnya Dosen Penasehat Akademik melakukan penghapusan mata kuliah yang disampaikan oleh mahasiswa secara on line di sipa.umrah.ac.id
  3. Setelah di dihapus oleh Dosen Penasehat Akademik mahasiswa melakukan perbaikkan mata kuliah secara online di sipa.umrah.ac.id
  4. Dosen Penasehat Akademik memeriksa dan menyetujui LIRS yang telah diperbaiki secara online
  5. Setelah di setujui Dosen Penasehat Akademik, LIRS akan dicetak oleh staf administrasi jurusan
  6. Staf administrasi jurusan meminta tanda tangan kepada Penasehat Akademik dan Ketua Jurusan
  7. LIRS yang sudah ditanda tangani Penasehat Akademik dan Ketua Jurusan di serahkan kepada :
    • Mahasiswa yang bersangkutan
    • Arsip
Keterangan Perbaikkan LIRS hanya bisa dilakukan pada waktu yang telah di tentukan
Prosedur
  1. Pemohon Mengisi blanko permohonan (tidak dapat diwakilkan) dan melampirkan :
  2. Foto Copy Lembar Isian Rencana Studi (LIRS) semester berjalan 1 (satu) lembar.
  3. Foto Copy kartu mahasiswa yang masih berlaku (satu lembar).
  4. Seluruh Berkas Dimasukan kedalam Map Warna Hijau dan blanko permohonan ditempel didepan map.
  5. Pemohon mengisi buku kendali untuk mendapatkan nomor urut surat keterangan lalu menyerahkan berkas kebagian Tata Usaha.
  6. Staf Jurusan membuat konsep Surat Keterangan Aktif Kuliah untuk ditanda tangani Wakil Dekan I.
Keterangan
  1. Surat keterangan aktif kuliah diterbitkan sebanyak 2 lembar, dan hanya terbit satu kali disetiap semester
  2. Pelayanan tidak dipungut biaya
Prosedur
  1. Pemohon Mengisi blanko permohonan (tidak dapat diwakilkan) dan melampirkan :
    • Foto Copy bukti slip pembayaran biaya pendidikan (SPP) semester awal sampai semester terakhir 1 (satu) lembar.
    • Foto Copy Lembar Isian Rencana Studi (LIRS) semester berjalan 1 (satu) lembar.
    • Foto Copy kartu mahasiswa yang masih berlaku (satu lembar).
  2. Seluruh Berkas Dimasukan kedalam Map Warna orange dan blanko permohonan ditempel didepan map.
  3. Pemohon mengisi buku kendali untuk mendapatkan nomor urut surat keterangan lalu menyerahkan berkas kebagian Tata Usaha
  4. Fakultas mengeluarkan Surat Keterangan tersebut lalu menyerahkan kepada mahasiswa
Keterangan
  1. Bagi persyaratan yang hilang maka melampirkan surat kehilangan dari kepolisian
  2. Surat keterangan Bebas SPP diterbitkan sebanyak 2 lembar, dan hanya terbit 1 (satu) kali pada setiap semester
  3. Pelayanan tidak dipungut biaya

Standar Operasional Prosedural (SOP) Bidang Akademik dan Kemahasiswaan:

  1. SOP Pendaftaran Ulang/Registrasi
  2. SOP Pengisian LIRS
  3. SOP Perbaikan LIRS
  4. SOP Penerbitan Surat Aktif Kuliah
  5. SOP Surat Keterangan Bebas SPP
  6. SOP Pendaftaran Kerja Praktik
  7. SOP Legalisir LIRS-LIHS-KTM
  8. SOP Legalisir Ijazah-Transkrip Nilai
  9. SOP Surat Keterangan Lulus
  10. SOP Pengajuan Pembimbing Skripsi
  11. SOP Pengajuan Penguji Skripsi
  12. SOP Pelaksanaan Wisuda
  13. SOP Pelaksanaan Ujian Tengah & Akhir Semester
  14. SOP Pelaksanaan Pengawasan Ujian
  15. SOP Pengawasan Tim Monitoring Ujian
  16. SOP Permohonan Berhenti Kuliah Sementara/Cuti Akademik
  17. SOP Pengurusan Permohonan Aktif Akademik
  18. SOP Proses Seleksi Calon Penerima Beasiswa
  19. SOP Pemilihan Mahasiswa Berprestasi